Teri Asin Pulau Pasaran Tercekik Harga Garam Ikan Teri Di Asinin

Teri Asin Pulau Pasaran Tercekik Harga Garam

Hallo, selamat siang, artikel ini akan dibahas tentang ikan teri di asinin Teri Asin Pulau Pasaran Tercekik Harga Garam simak selengkapnya 

Teri Asin Pulau Pasaran Tercekik Harga Garam

Liputan6.com, Bandar Lampung - Sejumlah perajin menyebut pembuatan ikan teri payau Pulau Pasaran dalam sepekan terakhir bisa mencapai empat ton per hari. Namun, produksinya kini terkendala kualitas garam yang melambung.

"Kami tak bisa mengurangi kadar keasinan ikan teri karena akan berpengaruh terhadap mutunya, seperti bertambah cepat busuk atau rusak," kata Waskarah, salah satu perajin ikan payau di Pulau Pasaran, Bandar Lampung, Senin (24/7/2017), dilansir Antara.

Ia menyebut buat mengawetkan ikan teri sebanyak 100 kg dibutuhkan garam minimal 50 kg. Sementara, kualitas garam masa ini mencapai Rp 5.000/kg dari sebelumnya sekadar Rp 1.000/kg.

"Kami tak berani menurunkan kadar garamnya karena akan merusak mutu ikan," katanya.

Teri Asin Pulau Pasaran Tercekik Harga Garam

Ia menyebut pembuatan ikan payau di Pulau Pasaran berangsur membaik. Dirinya mengaku masa ini bakir menghasilkan ikan asin sekeliling 500 kg buat dikirimkan ke Jakarta. Harga ikan teri payau berkeliling Rp 40.000- Rp 70.000/kg.

"Mutu ikan sedang baik. Harga teri jengki payau di bawah Rp 40.000/kg, sedangkan teri nasi mencapai Rp 70.000/kg. Namun, pembuatan masa ini belum sebanyak tahun lalu," katanya.

Perajin ikan payau lainnya, Sarnoto, menyebut dibutuhkan 100 kg garam buat merebus ikan teri segar dalam 100 liter air agar mutu ikan aman dengan tingkat keasinan yang cukup baik.

Untuk itu, ia berambisi pemerintah bangat menjaga kestabilan pasokan dan garam, agar usaha pembuatan ikan payau bisa bertahan di tengah gencarnya persaingan dengan usaha ikan payau negara lain.

Beberapa perajin lainnya juga mengharapkan kualitas garam bisa turun seperti semula buat menekan biaya pembuatan ikan asin. Harga ikan teri nasi derajat premium mencapai Rp 95.000/kg, teri nasi medium Rp 70.000/kg, dan teri jengki Rp 40.000/kg.

"Kenaikan kualitas ikan teri terjadi buat derajat ekspornya. Mutu ikan masa ini bertambah baik, dan hasil tangkapan juga lumayan banyak," kata Sarnoto.

Pulau Pasaran merupakan sentra pembuatan ikan teri utama di Kota Bandar Lampung. Sementara, ikan teri segar didapatkan dari bagan-bagan penangkapan ikan yang bertebaran di bahar Teluk Lampung hingga kawasan Kepulauan Legundi Lampung.

Luas Pulau Pasaran sekeliling delapan hektare dengan jumlah penghuni 240 kepala ahli (KK). Hampir semua penduduk Pulau Pasaran berprofesi sebagai nelayan dan pengolah ikan kering.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

begitulah detil perihal Teri Asin Pulau Pasaran Tercekik Harga Garam semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada tag , tanggal 15-08-2019, di kutip dari https://www.liputan6.com/regional/read/3033286/teri-asin-pulau-pasaran-tercekik-harga-garam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bubur Ayam Khas Cianjur Gang Emad,Alternatif Kuliner Nikmat Untuk Warga Ciapus

Access To This Page Has Been Denied. Ikan Teri Di Asinin

Rujak Donggala, Kuliner Khas Cirebon Yang Rasanya Campuran Manisan Buah Dan Asinan Sayuran - Semua Halaman - Grid Rujak Pala