Aneka Jenis Ikan Asin Yang Banyak Dijual Di Indonesia Ikan Teri Di Asinin

Aneka Jenis Ikan Asin yang Banyak Dijual di Indonesia

Hallo, bertemu kembali, sesi kali ini akan membahas tentang ikan teri di asinin Aneka Jenis Ikan Asin yang Banyak Dijual di Indonesia simak selengkapnya 

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Kalau anda termasuk ke di pecinta sambal dengan lalapan, pasti udah nggak asing dong ya sama yang namanya ikan asin. Rasanya yang asin dengan gurih pekat kalau berpadu dengan pedasnya sambal emang juara! Bahkan saking nikmatnya, anda berbatas pingin nambah dengan nambah lagi!

Nah, pengertian ikan asin seorang diri adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan me-lanjutkan banyak garam. Jenis ikan asin favorit anda apa nih, sobat ResepKoki? Eh, jangan bilang kalau anda nggak kenal jenis ikan asin? For your information, di Indonesia itu jenis ikan asin ada banyak sekali, yang paling eminen di antaranya. 

1. Ikan asin gabus

ikan-asin-gabus
(Image: Carapengolahan)

Ikan asin ini cukup digemari di Indonesia lho, atas citarasa dagingnya yang lezat dengan khas. Kelebihan lain dari ikan asin ini adalah relatif bersih. Kenapa? Karena sebelum diasinkan, ikan ikan aruan dibelah dengan dibersihkan dari sisik, insang, dengan isi perutnya. Makanya, harga ikan asin ikan aruan ini sedikit mahal. Cukup bertimbal kan ya dengan kualitasnya. Nah, buatan yang paling eminen dari ikan ikan aruan yang diasinkan adalah sambel menyelar ikan asin gabus, ikan asin ikan aruan balado, dengan ikan asin ikan aruan cabe hijau.

2. Ikan asin peda

ikan-asin-peda
(Image: Cara)

Nah, kalau yang satu ini, anda pasti sudah tidak asing lagi dong ya. Ikan asin budu ini merupakan buatan ikan asin setengah kering. Harga ikan ini juga tidak terlampau mahal. Ikan asin budu ini biasanya enak diolah jadi pepes.

3. Ikan asin teri jengki

ikan-jengki
(Image: Cara)

Siapa di sini yang suka makan sambal menyelar teri kacang? Nah, ternyata ikan asin inilah yang sering dipakai. Ikan asin ini benar merakyat atas harganya yang sangat murah dengan banyak ditemukan di mana-mana. Eits, walaupun merakyat, nilai gizinya cukup tinggi lho akan bunyi zat kapur dengan fosfornya, sebab ikan ini dikonsumsi lengkap bersama tulang dengan kepalanya.

4. Ikan asin cucut

ikan-cucut
(Image: Simomot)

Mau kenal cacat satu buatan khas dari ikan asin yang satu ini yang nggak boleh dilewatkan? Yup, asem-asem ikan mencerup asin!

5. Ikan asin jambrong

ikan_jambrong
(Image: Wikimedia)

Ikan asin yang satu ini hampir-hampir imbas-imbas dengan ikan gabus. Biasanya diolah jadi sambal, abon, atau digoreng.

6. Ikan asin katamba

ikan-asin-katamba
(Image: Ikanasinbanggai)

Ternyata, ikan asin katamba termasuk ke di ikan asin termahal lho, atas agak-agak yang lezat. Nah, biasanya ikan asin jenis ini diolah jadi sambal menyelar tempe atau ikan asin tumis asam.

7. Ikan jambal roti

(Image: Infopeluangusaha)

Ini nih primadonanya ikan asin. Paling kenamaan deh di Indonesia! Meskipun harganya mahal, tapi ikan jambal jajan ini tetap digemari lho atas bentuknya yang tebal seperti jajan dengan agak-agak yang super gurih (dan asin). Ternyata harganya yang mahal ini, disebabkan oleh dua perpaduan alasan, adalah permintaan yang tinggi dengan bahan bakunya yang terbatas. Bahan bakunya pun harus spesifik adalah ikan manyung dengan kadukang.

Ikan asin ini paling sesuai dijadikan larutan nasi liwet atau dibuat tumis super bengis bersama bagian cabe dengan pete. Jika sedang malas masak, anda cukup menyelar ikan asin ini dengan bagian dadu kecil, sajikan bersama nasi panas, sayur asem, dengan sambal kesukaan. Yumm, ngiler kan!

8. Ikan asin tenggiri

12366483_10ikan_asin_tenggiri_n
(Image: Bukalapak)

Tahu nggak, ikan tenggiri itu masih saudaraan dengan ikan makerel, tuna, dengan boneto lho. Sementara ikan asinnya ini sering disajikan sebagai tumis bersama sambel yang super bengis dengan menggigit.

9. Ikan asin petek

(Image: Menusebulan)
(Image: Menusebulan)

Kamu pernah melihat ikan asin yang bentuknya pipih dengan lebar bersama garing era dikonsumsi? Bisa jadi itu ikan asin petek. Ikan ini gampang sekali diolah. Cukup digoreng sebentar di minyak panas, ikan asin ini sudah krispi dengan enak banget. Apalagi disajikan bareng nasi panas dengan sambel favorit, maknyusss!

10. Cumi Asin atau Cumi Telur

(Image: Lazada)
(Image: Lazada)

Sesuai namanya, ini bukan ikan, ya. Melainkan terbuat dari cumi-cumi halus yang diasinkan. Cumi asin ini nikmat diolah jadi cumi bengis manis, sambel cumi asin pete, cumi cabe hijau, dengan balado cumi asin.

11. Rebon

rebon
(Image: Lazada)

Kalau yang satu ini, jenis dari udang halus yang dikeringkan dengan diasinkan. Nah, udang geragau ini paling sesuai dimasak dengan kelambir sangrai.

Jadi, ikan asin yang mana yang ingin anda masak dengan lahap dulu? Ingat ya, konsumsilah ikan asin ini sebagai lauk secukupnya saja, mengingat bunyi garamnya yang cukup tinggi. Kamu juga bisa mengurangi kadar asinnya dengan aturan merendam dengan membilas berkali-kali sebelum dimasak. Siap mencoba?

Sekian penjelasan tentang Aneka Jenis Ikan Asin yang Banyak Dijual di Indonesia semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada tag , tanggal 15-08-2019, di kutip dari https://resepkoki.id/aneka-jenis-ikan-asin-yang-banyak-dijual-di-indonesia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bubur Ayam Khas Cianjur Gang Emad,Alternatif Kuliner Nikmat Untuk Warga Ciapus

Access To This Page Has Been Denied. Ikan Teri Di Asinin

Rujak Donggala, Kuliner Khas Cirebon Yang Rasanya Campuran Manisan Buah Dan Asinan Sayuran - Semua Halaman - Grid Rujak Pala